Materi Cisco


PENGERTIAN CISCO

Cisco adalah peralatan utama yang banyak digunakan pada Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan cisco router, informasi dapat diteruskan ke alamat-alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan. Yang bertujuan untuk dapat meneruskan paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya, Cisco router menggunakan tabel dan protocol routing yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data.

PRODUK CISCO

Cisco mengenalkan beberapa produk diantaranya : Ethernet, gigabit Etherrnet, 10-gigabit Ethernet,sikrionis transfer data,SONET (packet over synchronous optical network) dan multi-protocol label switching.

FUNGSI SIMULASI CISCO PACKET TRACER 

Packet tracer berfungsi sebagai perangkat simulator jaringan komputer  yang telah banyak digunakan oleh universitas,sekolah hingga developer untuk melakukan pembelajaran dan penelitian. Dengan harga perangkat asli yang masih relative mahal,aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk melakukan percobaan.
Packet Tracer juga berguna untuk pemahaman abstrack terhadap konsep jaringan seperti, Enchanced Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP) dangan mengaktifkan unsur-unsur dalam bentuk visual atau animasi. Dalam dunia pendidikan juga bisa digunakan sebagai fungsi sistem authoring protocol jaringan simulasi untuk penilaian.



LAB 1 USER MODE

Ini adalah tingkatan pertama yang dimasuki setelah berhubungan dengan router dan menekan tombol Enter. User Mode ini ditandai dengan Router> . Perintah-perintah  yang dapat dijalankan oleh tingkatan ini antara lain seperti :


LAB 2 PRIVILLAGE MODE

User mode untuk masuk ke privilege mode maka ketikkan perintah enable dan untuk kembali ke user mode ketikkan perintah disable. Privillage mode ini ditandai dengan Router# . Untuk melihat perintah yang disarankan oleh mode ini gunakan cara . Perintah-perintah  yang dapat dijalankan oleh tingkatan ini antara lain seperti :


LAB 3 GLOBAL KONFIGURE MODE

Cara masuk ke konfigurasi global ini yaitu dengan cara mengetikkan perintah “configurasi terminal” atau “conf t” dari Router# .


LAB 4 HOSTNAME

1.Masuk ke mode global configuration, dengan mengetikan perintah configure terminal
2. Kemudian bisa langsung kita lanjutkan dengan melakukan konfigurasi hostname, dengan mengetikan perintah hostnamenamaperangkat”. Nama perangkat ganti sesuai yang anda inginkan
3. Bisa kita lihat bahwa nama device telah berubah. Itu artinya konfigurasi hostname telah berhasil kita lakukan

LAB 5 BANNER

1.Ketikkan perintah BANNER MOTD z(diakhiri dengan z), kemudian tekan enter. Lalu masukkan isi dari Banner MOTD yang akan kita buat, misalnya : “Kami dari kelompok 5,Jurusan TKJ SMKN 1 NGLEGOK”, Jika sudah kita harus mengetikkan huruf "z".  
2. Jika kita ingin melihat hasilnya kita harus keluar dari GLOBAL CONFIGURATION MODE dan masuk ke USER EXEC MODE, ketikkan perintah END, lalu EXIT dan kemudian ENTER.



3. Dari sini bisa dilihat bahwa Banner MOTD yang kita buat akan muncul ketika kita memasuki USER EXEC MODE.


LAB 6 WAKTU

Masuk ke User mode kemudian Masuk ke privilaged mode dengan cara mengetikkan enable, setelah masuk ke privileged mode,kemudian mengetikkan “ clock set {jam}:{menit}:{detik} {tanggal} {bulan} {tahun}



LAB 7 STOP DAN DISABLE IP DOMAIN LOOKUP

1. Masuk ke Cli nya router cisco
2. Aktifkan dengan menggunakan perintah enable.
3. Jika tanda sudah berganti dengan tanda #, kemudian ketikan conf t atau bisa juga dengan configurasi terminal.
4. Jika sudah dalam global mode ketikan no ip domain lookup kemudian enter.


Maka IP Domain Lookup sudah berhasil di disable





Komentar

Postingan Populer