Bridging Mikrotik || Mikrotik

Assalamualaikum Wr.Wb


                BRIDGING MIKROTIK


Kali ini kita akan belajar bagaimana cara mengkonfigurasi bridge pada mikrotik.

Pengertian bridging mikrotik adalah menggabungan 2 atau lebih interface yang bertipe Ethernet,wireless,FO,Tunnel atau sejenisnya,seolah-olah berada dalam 1 segmen network yang sama.

Disini saya mau mencoba bridging mikrotik dengan kasus berikut :


Dalam pengerjaan ini,saya akan menggunakan aplikasi GNS3.

Untuk topologinya menggunakan ini :

Pertama,saya akan menambahkan dhcp client pada ether1(ether2 pada winbox),sebelumnya saya akan menjelaskan bahwa ether1 yang ada GNS3 sama seperti ether2 di Winbox,berikut lebih jelasnya :

Nah disini saya akan menambahkan dhcp-client di ether2, dengan perintah berikut :

Setelah itu kita cek apakah dhcp client berhasil dibuat dengan perintah : 

Nah setelah dicek,ether2 sudah berhasil dikonfig.

Selanjutnya membuat nama bridge dengan nama kalian,pada nama bridge ini menggunakan nama saya (LeniDestiPermatasari),untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut :

Sekarang kita tambahkan semua interface ke dalam bridge yang sudah kita buat sebelumnya,lakukan seperti gambar dibawah ini :

Sekarang kita cek apakah interface bridge sudah berjalan(running) ataukah belum
Setelah kita cek,bahwa bridge dan port yang telah kita buat tadi sudah berjalan(running).

Selanjutnya kita cek apakah PC sudah mempunyai ip dhcp ataukah belum
Ternyata sudah memiliki ip dhcp

Lalu pada PC kita ping ke google.com atau ping 8.8.8.8 untuk mengecek bahwa kita sudah terhubung ke Internet ataukah belum.
Dan hasilnya TTL yang berarti berhasil dalam pengonfigurasian ini.

Sekian penjelasan tutorial dari saya, apabila ada kesalahan dan kekurangannya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb







Komentar

Postingan Populer