File System Linux dan Distribusi Linux || Linux

FILE SYSTEM LINUX



Pengertian Sistem File
Sistem file atau system berkas yang merupakan struktur logika yang digunakan untuk mengendalikan akses terhadap data yang ada pada disk.Dengan kata lain,system file merupakan database khusus penyimpanan,pengelolaan,manipulasi,dan pengambilan data agar mudah ditemukan dan diakses .

Sistem File Linux
Sistem operasi linux mendukung banyak system file yang berbeda,tapi pilihan yang umum digunakan adalah(Ext2,Ext3, dan Ext4) dan ReiserFS.

1.Ext2 : tujuannya adalah untuk membuat suatu file system yang powerful,yang dapat mengimplementasikan file_file semantic dari UNIX dan mempunyai pelayanan advance features.
2. Ext3: Merupakan suatu journalled file system,journalled file system didesain untuk membantu melindungi data yang ada di dalamnya.
3. Ext4 : dirilis seara komplit dan stabil berawal dari kernel 2.6.28 jadi apabila distro anda yang secar default memiliki versi kernel tersebut atau di atasnya,maka akan otomatis system anda sudah support Ext4 (dengan catatan sudah include kedalam kernelnya).
4.ReiserFS : Sistem file default dalam distribusi SUSE Linux.Reiserfs dirancang untuk menghapus skalabilitas dan batasan kinerja yang ada di file EXT2 dan EXT3.



Berikut macam-macam Distro Linux

      1.Red Hat

Distro yang popular di perusahaan linux pointerbesar dari distro ini adalah Red Hat Package Manager(RPM) ialah sebuah perangkat lunak untuk memanajemen paket-paket  pada system linux kita dan dianggap sebagai standar de-facto dalam pemaketan pada distro-distro turunannya dan yang mendukung distro ini secara luas.

      2.Ubuntu

Salah satu distribusi linux yang berbasis Debian dan memiliki interface desktop,serta disponsori oleh Canonical Ltd. Ubuntu merupakan system operasi berbasis Linux yang tersedia secara bebas serta mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli professional.Ubuntu juga aman dari virus dan malware walaupun tak memakai anti virus.

      3. Debian

Sistem operasi berbasis open source yang dikembangkan secara terbuka oleh para programmer yang ingin memodifikasinya.Sistem operasi ini adalah gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU,dan utamanya menggunakan kernel linux,sehingga lebih suka disebut dengan nama Debian GNU/Linux.

      4.Linux Mint

Sebuah system operasi yang merupakan salah satu distro linux yang berbasis debian dan Ubuntu.Aplikasi yang berjalan di Ubuntu juga dapat berjalan pada linux mint.Tampilan system operasi ini hamir sama seperti windows.

      5.Opensuse

Distro Linux versi komunitas yang didukung dan disponsori oleh novell.OpenSUSE merupakan distro linux open source dan gratis yang menjadi dasar pengembangan bagi distro linux komersil yang disediakan oleh Novell,SUSE Linux Enterprice Server (SLES) dan SUSE Linux Enterprise Desktop (SLED).


Dan masih banyak lagi macam-macam disto linux lainnya.

Komentar

Postingan Populer